Feb 1, 2009

Kemunculan Dan Fitnah Dajjal

Salam

ingin tahu ttg dajjal dan fitnah yg dibawanya...tanda2 kemunculan,ciri2 dajjal dan sebagainya. harap dapat memberi pengetahuan berguna. terima kasih.

***********************
al-jawhar
Panel Feqh

Bismillahi wal hamdulillah ,

Al-Jawab :

Secara ringkasnya : Dibawah ini adalah hadis yang menceritakan tentang kemunculan dajjal dihari kiamat....

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ :
اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari r.a. katanya: "Rasulullah SAW melihat kami ketika kami sedang berbincang-bincang lalu berkata: "Apakah yang sedang kalian semua perbincangkan?" Jawab para sahabat "kami sedang memperkatakan mengenai hari kiamat." Lalu baginda bersabda , "kiamat tidak akan terjadi sebelum terjadi sepuluh tanda: Ad Dukhan (asap atau kabut), Dajjal (si penipu besar), Dabbah (binatang melata). Matahari terbit di barat. Isa anak Maryam a.s turun Ya'juj dan Ma'juj. Tiga Gerhana: di timur. Gerhana di barat. Gerhana di Jazirah Arab. Dan akhir sekali api keluar di Yaman menghalau umat manusia ke mahsyar (tempat berkumpul)."

Hadis Riwayat Imam Muslim : 2901 , 7467 , Abu Daud no.4311 dan at-Tirmidzi no. 2184

DI ANTARA SIFAT-SIFAT DAJJAL

Dari Umar r.a bahawa Rasulullah saw bersabda:

Ketika saya sedang tidur, saya bermimpi melakukan thawaf di Baitullah.... " Lalu beliau mengatakan bahwa beliau melihat Isa Ibnu Maryam 'alaihissalam, kemudian melihat Dajjal dan menyebutkan ciri-cirinya dengan sabdanya: "Dia itu seorang laki-laki yang gemuk, berkulit merah, berambut kerinting, matanya buta sebelah, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak' (tak bersinar). " Para sahabat berkata, "Dajjal ini lebih menyerupai Ibnu Qathn [***] , seorang laki-laki dari Khuza'ah."
[Sahih Bukhari, Kitabul Fitan, Bab Dzikrid. Dajjal 13: 90: Sahih Muslim, Kitabul Iman, Bab Dzikril Masih Ibni Maryam 'alaihissalam wal-Masihid Dajjal 2: 237].

Dalam hadits Hudzaifahra, Rasulullah saw bersabda:

Dajjal itu buta matanya sebelah kiri dan lebat rambutnya. "
[Sahih Muslim. Kitabul Fitan wa Asyrothis Sa'ah, Bab Dzikrid Dajjal 18: 60-61].

Dalam hadits Anas r.a , Rasulullah saw bersabda:

Dan di antara kedua matanya termaktub tulisan "kafir"
[Shahih Bukhari, Kitabul Fitan, Bab Dzikrid Dajjal 13: 91; dan Shahih Muslim, Kitabul Fitan wa Asyrothus Sa'ah, Bab sa'ah, bab Dzikrid Dajjal 18: 59].

Imam Nawawi berkata :

"Pendapat yang dipegang oleh para muhaqiq ialah bahawa tulisan kafir ini nampak secara zahir dan batin , sebagai suatu tanda yang dijadikan oleh Allah di antara sebahagian alamat atau tanda-tanda yang menunjukkan akan kekafiran, kebohongan, dan kebatilannya (Dajjal). Dan tanda-tanda ini dinampakkan oleh Allah kepada setiap muslim yang tahu menulis dan membaca dan begitu juga kepada yang tidak tahu menuliss dan membaca, dan disembunyikannya untuk orang yang dikehendaki-Nya akan cxlxkx dan terfitnah. Dan hal ini tidak dapat dihalangi sama sekali. "

[Syarah Shahih Muslim oleh Imam Nawawi 18: 60]

WA

***Ibnu Qathan: namanya Abdul 'Uzza bin Qathan bin Amr Al- Khuza'i. Ada yang mengatakan bahwa dia itu berasal dari kalangan Bani Musthaliq dari suku Khuza'ah. Ibunya bernama Halah binti Khuwailid.

0 comments:

Post a Comment