Feb 3, 2009

Apakah Maksud Sebenar Qadar

Oleh: al-Lajnah ad-Daimah

Pertanyaan:

Apa makna qodar (taqdir)? Mohon dijelaskan secara lengkap.

Jawaban:

Maknanya adalah bahwa Allah telah mengetahui segala sesuatu sebelum dia ada (terjadi), dan mencatatnya di sisi-Nya (dalam Lauhul Mahfudz), kemudian apa saja yang ada (terjadi) semuanya atas kehendak-Nya, lalu Dia menciptakan segala sesuatu berdasarkan kehendakNya tersebut. Inilah empat urutan qodar yang wajib diimani. Seseorang hamba tidak (disebut) beriman kepada qodar secara sempurna sampai dia mengimani empat hal di atas. Hal ini sebagaimana dalam riwayat yang shahih dari Nabi, bahwa ketika ditanya oleh malaikat jibril tentang iman, beliau menjawab,

“Engkau beriman kepada Alloh, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya dan hari akhir (kiamat), serta beriman kepada qodar yang baik dan yang buruk” (HR. Muslim)

Telah shohih pula riwayat dari sahabat Ubaidah bin ash-Shamit bahwa Nabi berkata kepadanya:

“Sesungguhnya engkau tidak akan merasakan hakikat iman sehingga engkau mengetahui bahwa apa yang (ditaqdirkan) menimpamu tidak akan luput darimu dan apa yang (ditaqdirkan) luput darimu tidak akan menimpamu”. (HR.Abu Dawud)

Syaikul Islam Ibnu Taimiyah telah menjelaskan makna tersebut dalam tulisan beliau al-Aqidah al-Wasithiyah. Kami nasihatkan Anda untuk mempelajari dan menghafalnya.

Allah-lah pemberi taufiq. Sholawat dan salam atas nabi kita Muhammad, keluarga dan pada Sahabatnya.

****************

Sumber:
Majalah FATAWA volume 04/Th.II/1425H-2004M
Fatawa li al-Lajnah ad-Daimah Li al-Buhuts al-Ilmiyyah wa al-Ifta II/512. Pertanyaan pertama dari fatwa no. 4088.

0 comments:

Post a Comment